Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Lakukan Visitasi di Desa Paringan

  • Bagikan

PONOROGO | desaparingan.id – Dalam upaya meningkatkan sistem informasi publik terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) Tahun 2022 Pejabat Pengelola informasi dan Dokumentasi (PPID) Awards.

Dinas Komunikasi, Informasi (Kominfo) dan Statistik menerima Tim visitasi dari Komisi Informasi Jawa Timur untuk dilakukan penilaian, bertempat di sekretariat PPID Desa Paringan tepatnya di Balai desa Paringan, Kamis (6/10/2022).

Dalam kesempatan Itu Edy Purwanto selaku Komisoner Informasi Jawa Timur mengatakan, Pihaknya turun melaksanakan visitasi tersebut guna mengecek langsung pelayanan informasi, dokumentasi dan mengumumkan informasinya kepada masyarakat itu sejauh mana. ‘’Tujuan umumnya untuk peningkatan, “kata Edy.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan, di Ponorogo ada dua Desa yang mengikuti PPID Award, yaitu Desa Paringan Kecamatan Jenangan dan Desa Grogol Kecamatan Sawoo. Hasil monitoring dan evaluasi yang ditekankan oleh pihaknya. Desa yang dikunjunginya untuk terus meningkatkan Kembali pelayanan nformasi kepda masyarakat menjadi prioritas.

‘’Sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi yang dimana itu menjadi hak mereka. Mana informasi yang harus diumumkan ya harus diumumkan dan mana informasi yang harus disediakan ya disediakan,’’ ungkap Edy.

Dirinya berharap Pemkab Ponorogo dapat memperluas keterbukaan informasi yang ada di Desa, selain Paringan dan Grogol. Trutama dalam hal mengelola informasi dengan baik, memberikan atau menyampaikan informasi yang menjadi haknya dan mendokumentasikan yang baik. ‘’Dua Desa ini hanya sempel saja yang diajikan, kami belum bisa melihat desa yang lainnya secara acak,’’ harapnya.

Dirinya pun sudah berdiskusi dengan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Ponorogo Bambang Suhendro terkait membuat penilaian mandiri PPID yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu untuk melihat sejauh mana mereka terbuka informasinya kepada masyarakat. ‘’Sehingga nanti Ponorogo memiliki potret tersendiri, mana yang OPD yanag sudah terbuka,’’ jelasnya.

Disisi lain Kepala Desa Paringan Suwendi,SH. Sebagai atasan PPID sebagai pembuka acara tersebut. Dengan harapan “masyarakat desa Paringan dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan serta menambah informasi yang lebih luas, serta memanfaatkannya untuk memasarkan produksi unggulan desa kepada masyarakat luar desa,”tandasnya.

  • Reporter : Media Center Desa Paringan.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *